Industri Pariwisata Bidang Perhotelan

Industri Pariwisata Bidang Perhotelan-Hotel merupakan salah satu penunjang industri pariwisata. Suatu tempat dengan tujuan wisata yang menarik tidak akan sempurna jika tidak tersedia akomodasi hotel untuk beristirahat bahkan mengginap. Industri perhotelan saat ini selain sebagai penunjang pariwisata juga sebagai  Meeting, Incentive, Convention, Exhibition atau disingkat MICE. Jenis kegiatan yang terdapat dalam industri pariwisata, kegiatan ini telah direncakanan secara matang oleh suatu kelompok atau kumpulan orang yang memiliki kesamaan tujuan dalam penyelenggaran kegiatan tersebut. Konsumen atau tamu hotel berarti tidak hanya wisatawan yang berkunjung untuk liburan. Tamu bisa berasalkan dari pembisnis, pekerja, pejabat bahkan tamu negara yang melakukan kunjungan. Fasilitas penunjang hotel sangat mempengaruhi pelayanan kepada tamu. Tamu adalah raja, maka tamu diberikan layanan sedemikian rupa agar merasa nyaman tinggal di hotel.
Hotel dioperasikan oleh management yang bisa dari luar maupun dalam. Dari luar maksudnya pemilik hotel menyerahkan managent kepada pihak luar. Dari dalam berati hotel dioperasikan oleh pemilik sendiri, tapi sangat jarang hotel tidak dioperasikan denggan management luar. Penawaran oleh management perhotelan sangat menguntungkan pihak pemillik hotel. Pemilik tidak terlalu pusing untuk menjalankan bisnis hotelnya.
Hotel dipimpin oleh General Manager yang membawahi beberapa department. Departement mempunyai tugas masing-masing dalam operasional maupun management. Dibagi menjadi 2 bagian Front of the House dan Back of the House. Berikut sekilas penjelasan department-departement di dalam hotel :
Front of the House adalah department yang bertemu tamu secara langsung. Departement ini sangat penting karena image hotel berada pada pelayanan department ini.
·         Front Office
·         Food & Beverage
·         Banquet
·         Spa & Healty
·         Sales & Marketing
·         Security
Back of  the House adalah department yang jarang bahkan tidak pernah betemu dengan tamu, atau dapat dikatakan department di balik layar. Departemen ini juga sama pentingnya karena sebagai support department Front of the House.
·         Accounting
·         Food Product
·         House Keeping
·         Reservation
·         Laundry
·         Engginering

·         Human Resource

Comments

Popular posts from this blog

Sebagai Front Desk Agent

PEGAWAI HOTEL

Sebagai Night Auditor