Sebagai Front Desk Agent




Sebagai Front Desk Agent-Seorang yang bertugas di meja reception. Selain disebut Front Desk Agent juga ada yang menyebut receptionist. Menangani proses tamu check in ataupun check out adalah tugas utama sebagai Front Desk Agent selain menyusun laporan yang diwajibkan. Front Desk Agent dibagi menjadi 3 shift untuk memaksimalkan kinerja.
Berikut Detail Front Desk Agent:

www.bertuahpos.com


Tugas Shift 1 / Morning Shift / Early Shift
1. Print report guest arrival list, untuk menyiapkan proses tamu yang akan check out. Report ini juga bisa dilakukan oleh shift sebelumnya. Agar tamu yang check out pagi bisa ditangani dengan lancar.

2. Melakukan proses check out, menyiapkan bill folio untuk diberikan kepada tamu. Memeriksa bill tambahan tamu. Menghubungi petugas minibar untuk check minibar yang dikonsumsi tamu. Memposting semua bill tambahan di guest folio (jika ada).

3. Print guest folio yang sudah final untuk dilakukan payment oleh tamu. Payment disini ada beberapa metode 1. Cash / Tunai (Dibayarkan langsung menggunakan mata uang resmi) 2. Credit Card Payment (Menggunakan credit card dalam close bill) 3. Transfer City Ledger / Employee Ledger (Melaporka tagihan tamu ke Accounting untuk selanjutnya diprosess invoice)

4. Prepare Check in. Setelah tamu check out sudah ditangani semua bisa memulai menyiapkan proses check in. Proses check in biasanya rata-rata setelah jam 14.00, dikarenakan kamar harus dibersihkan dahulu oleh House Keeping sebelum diisi tamu baru.

5. Close Cashire. Menyelesaikan dan merapikan seluruh transaksi dan dikumpulkan untuk dilakukan proses night audit.

6. Hand over. Menyampaikan pesan kepada shift berikutnya. Menginformasikan segala sesuatu yang perlu diketahui seluruh shif. Contoh : Tamu MR Smith menitipkan surat pada temannya MR Roy, Jam 5 akan diambil.  Hand over bertujuan supaya tidak terjadi terputusnya komunikasi.

Tugas Shift 2 / Evening Shift / Late Shift
1. Prepare Check in. Meyiapkan beberapa dokumen untuk proses check in. Seperti : Regristation Card, Key Room, Welcome Drink,

2. Handle Check in Guest, Melakukan proses Check in baik tamu individual / group, serta meminta supporting ID Card dan Payment Guarantee.


3.  Close Cashire. Menyelesaikan dan merapikan seluruh transaksi dan dikumpulkan untuk dilakukan proses night audit.

4.  Hand over. Menyampaikan pesan kepada shift berikutnya. Menginformasikan segala sesuatu yang perlu diketahui seluruh shif. Contoh : Tamu MR Smith menitipkan surat pada temannya MR Roy, Jam 5 akan diambil.  Hand over bertujuan supaya tidak terjadi terputusnya komunikasi.



Comments

Popular posts from this blog

PEGAWAI HOTEL

Sebagai Night Auditor