Sebagai Night Auditor

Sebagai Night Auditor - Seseorang yang bertugas meneliti hasil posting revenue semua shift pada hari yang sama. Hasil posting harus balance antara system serta bukti fisik. Night Auditor bisa dari bagian Accounting Departement ataupun Front Office Departement, tinggal kebijakan management untuk segi penempatan. Melakukan close cashier pada malam hari setelah semua diteliti. Menjalankan pergantian hari pada system atau sering di sebut running system. Menyusun laporan revenue harian untuk dilaporkan terhadap management.

Job Desk Night Auditor :

1. Mengumpulkan laporan-laporan per kasir masing-masing outlet. Untuk dilakukan check balance kan antara system dengan bukti posting fisik. Check metode pembayarannya. Memastikan bahwa bill keeluruhan sudah close / balace antara posting revenue dan payment.

2. Print keseluruhan report EDC machine dan dicocokan dengan sale draft. Setelah semua balance, melakukan settlement transaction pada EDC keseluruhan.

3. Check revenue yang akan dijalankan agar tidak terjadi rebate dikemudian hari. Memastikan bahwa revenue yang dijalankan sesuai dengan payment guarantee.

4. Memback up data daily revenue pada system, Melakukan Night Audit running.

5. Membuat laporan hasil running harian. Berupa : Daily Room Revenue, Outlet Discount, Comparison with Other. Untuk dilaporkan kepada management. Serta memberikan bukti fisik posting revenue kepada Income Auditor untuk disimpan.

Kesimpulan

Night Audit dituntut untuk menjaga revenue. Tugas-tugas Night Audit mudah atau dapat dikatakan pekerjaan untuk fresh graduated. Tapi banyak tantangan dalam melaksanakan tugas ini, salahsatunya adalah organ tubuh manusia yang diciptakan oleh  Allah SWT untuk istirahat pada malam hari harus bekerja. Ketika orang-orang istirahat malam Night Auditor harus menyelesaikan tugas-tugasnya.
Saya menjadi Night Auditor selama 2 tahun, merasakan berbagai perasaan dan berbagai pengalaman. Bersyukur saya mendapatkan pekerjaan Night Auditor saat itu. Ini hanya sebagian kecil cerita saya dan hanya sedikit pengalaman saya. Di luar masih banyak Night Auditor lain yang lebih memiliki jam terbang. Jika anda membaca dan menemukan kesalahan mohon dikoreksi, atau memiliki pengalaman lain sebagai Night Auditor silahkan berbagi.
"Ilmu itu seperti pedang, seringnya digunakan akan semakin tajam", ucap guru SD saya.

Terimakasih




Comments

Popular posts from this blog

Sebagai Front Desk Agent

PEGAWAI HOTEL